Arsip Blog

Senin, 23 Februari 2015

KEK di Banten

Setelah postingan yang sebelumnya kita membahas mengenai KEK secara umum maka sekarang mari kita bahas KEK yang akan dibangun di daerah kita ini yaitu Banten. jika dilihat memang kelebihannya lebih banyak dari pada kekurangannya, tapi apakah keuntungannya akan dapat menutupi kerugian nantinya? semoga. Cara ini memang sangat bagus apalagi dengan melihat geografis Indonesia yang merupakan negara kepulauan yang dekat dengan negara-negara lainnya.
KEK di Bnaten akan dibangun di daerah banten dengan lebih khususnya yaitu di Tanjung Lesung kabupaten Pandeglang. Rencana pembengunan daerah KEK memang sudah direncanakan sejak lama. Karena saya ingat pada pameran saat Pandeglang berulang tahun disalah satu stand dijelaskan akan pembangunannya dan itu sudah sejak saya SMA (sekarang saya kuliah) mungkin bahkan wacana ini sudah diperbincangkan dari jauh lebih lama lagi.
Jika dilihat memang pandeglang merupakan daerah yang cukup tertinggal apalagi dalam sector Industri. Maka sangatlah wajar jika pemerintah memutuskan untuk membangun KEK di sana. Namun apakah kita siap? Apakah kita tidak takut akan kerugian yang telah dicantumkan pada postingan sebelumnya?
Kekurangan kita yang harus ditutupi sebelum pembangunan itu selesai. Kita sebagai sumber daya manusia yang nantinya akan menghadapi itu semua yang harus menyiapkannya. Apasajakah? Kita harus siap dan bisa menghadapi segala kerugian.
Kerugian pertama yang telah dituliskan ialah “Ketergantungan Indonesia akan kehadiran investor-investor asing menyebabkan Kawasan Ekonomi Khusus mempunyai otoritas yang sangat tinggi sehingga sulit untuk menghindar dari scenario global ala Kawasan Ekonomi Khusus” maka kita sebagai generasi baru harus bisa berinvestasi tak kalah saing dengan invertor asing yang bisa saja memegang otoritas.
Kerugian kedua “Kawasan Ekonomi Khusus berupaya menguasai bahan mentah melalui eksploitasi besar-besaran terhadap sumber daya alam” ini merupakan kerugian yang sangat mengerikan dan Nampaknya pasti akan terjadi. Dengan begitu kita tak bisa tinggal diamkan jika Negara kita di eksploitasi? Sebagai gantinya, janganlah kita menjadi tamak dan buktikan bahwa kita Negara Indonesia merupakan Negara yang tidak terima jika negaranya di eksploitasi. Apalagi bahan mentah yang di ekploitasi nilainya pasti akan lebih murah. Maka kita harus mengolahnya agar kita bisa berdiri sendiri.
Kerugian ketiga “Kawasan Ekonomi Khusus berusaha memperoleh tenaga kerja/buruh yang murah di negara dependence” ini pasti bisa terjadi. Karena warga kita banyak yang tak berpendidikan tinggi, bisa jadi sasaran menjadi buruh saja. Harusnya kita bisa menjadi pemilik juga pengusaha juga. Jadi marilah berusaha para generasi muda masa depan Banten.
Kerugian keempat " Kawasan Ekonomi Khusus berusaha menguasai pasar/market dengan jalan monopoli baik pembelian maupun penjualan” monopoli dalam perdagangan sangat mengerikan karena akan memperkaya seseorang atau sekelompok secara tersendiri dan akan membuat industry tersebut tak baik. Maka kita sebagai generasi muda harus bisa mengendaikan jangan mau dikendalikan dalam artian yang positif tentunya. Semangat genrasi muda Banten semoga kita siap.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar