Arsip Blog

Minggu, 28 Desember 2014

Penjiarahan Pahoman

 Di kabupaten pandeglang terdapat banyak gunung yang bersejarah dan banyak meninggalkan situs – situs yang menjadi bahan penjiarahan warga, terutama yang beragama islam. Numun dalam hal itu saya akan memfokuskan ke gunung karang terlebih dahulu. Gunung karang menjadi amat bersejarah karena terdapat situs yang menjadi penjiarahan. Salah satunya ialah situs pahoman. Situs pahoman.
            Pada situs pahoman tersebut terdapat sungai dan batu yang dianggap keramat. Air terjun yang menjadi situs bersejarah itu di yakini dapat menyegarkan dan  menghilangkan pegal – pegal pada tubuh orang yang merendamkan diri disana. Hal ini di karenakan sumber air situs ini dipercayai karena terdapat disebelahnya makam dari Syekh Rako di Gunung Karang. Saking keramatnya  bahkan ada yang mengatakan bahwa jika kita membuat gulungan daunsirih dan kita ingin tahu dimana jodoh kita berada maka anda tinggal menghanyutkannya pada sungai itu, maka arah mengalirnya daun sirih itu menjadi pertanda dimana jodoh anda berada.
Disekitar air terjun tersebut juga ada batu yang dijaga dan dirawat kelestariannya. Karena menjadi salah satu tempat wisata yang diminati oleh para pendatang. Menurut cerita yang beredar apabila kita melingkarkan tangan kebelakang dengan pandangn kedepan dan tangan kita bertemu maka kita akan panjang umur dan harapan kita akan tercapai. Namun apabila tidak mungki harapan anda belum bisa terwujud. Dan ada pula yang mengartikan bahwa anda bisa naik haji apabila kedua tangan anda bertemu saat melingkarkan terhadap batu tersebut. Adapula yang mengatakan bahwa jika kita menjulurkan tangan kebagian bawah batu kita akan mendapatkan sesuatu yang akan sesuai dengan pekerjaan kita nantinya. Seperti misalnya kita mendapatkan gabah, maka kita akan menjadi petani begitulah kurang lebihnya.
Mungkin mitos tersebut terlihat aneh keduanya namun warga sekitar percaya dan menjadikan tempat penjiarahan ini menjadi tempat wisata yang dijaga kelestariannya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar